PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPERCAYAAN MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL PROVINSI JAMBI

Authors

  • Dila Marsha Putri Universitas Jambi
  • Rafiqi Universitas Jambi
  • Aditya Pratama Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.v7i1.61589

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan religiusitas terhadap kepercayaan muzakki dalam membayar zakat pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jambi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deksripstif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling diperoleh sebanyak 100 orang responden. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa akuntabilitas, transparansi, dan religiusitas memiliki pengaruh seginifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap kepercayaan muzakki dalam membayar zakat pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jambi. Hasil pengujian data menunjukkan terdapat pengaruh sebesar 35,5% yang dipengaruhi oleh akuntabilitas, transparansi, dan religiusitas terhadap kepercayaan muzakki.

Kata Kunci: Akuntabilitas, Kepercayaan, Religiusitas, Transparansi.

 

Abstract

This research aims to identify and measure the influence of accountability, transparency, and religiosity on muzakki trust in paying zakat at the National Amil Zakat Agency (BAZNAS) of Jambi Province. This study employed a quantitative descriptive method. Proportional random sampling was used as the sampling technique, yielding 100 respondents. Data collection methods included questionnaires and interviews. The data analysis method utilized in this research was multiple linear regression. The findings indicate that accountability, transparency, and religiosity collectively (simultaneously) have a significant influence on muzakki trust in paying zakat at BAZNAS Jambi Province. The data analysis results show that accountability, transparency, and religiosity account for 35.5% of the influence on muzakki trust.

Keywords: Accountability, Transparency, Trust, Religiosity.

Downloads

Published

2025-10-24

Issue

Section

Volume 7 Nomor 1 Oktober 2025