##article.date_tracking##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##DETERMINAN PEMAHAMAN AKUNTANSI MAHASISWA DENGAN SELF REGULATION SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Corresponding Author(s) : Faizah Khaeruddin
ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review,
Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1 (2024): Juni 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan pemahaman akuntansi mahasiswa dengan self regulation sebagai variabel moderasi pada mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang terdaftar di Universitas Negeri Makassar. Penentuan sampel penelitian berdasarkan metode convenience sampling. Data penelitian merupakan data primer yang dikumpulkan melalui survey kuesioner dengan menggunakan google form. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh kemampuan intelektual, kemampuan sosial, dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman mata kuliah akuntansi. Analisis regresi moderating dengan Uji Pendekatan Interaksi untuk mengetahui pengaruh self regulation dalam memoderasi kemampuan intelektual, kemampuan sosial, dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman mata kuliah akuntansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Sedangkan kemampuan intelektual dan kemampuan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Adapun variabel self regulation tidak menjadi variabel moderator pada variabel kemampuan intelektual maupun variabel kemampuan sosial terhadap pemahaman akuntansi. Variabel self regulation menjadi variabel moderator pada variabel kemampuan intelektual terhadap pemahaman akuntansi.
##submission.howToCite.downloadCitation##
##plugins.generic.citationStyleLanguage.download.ris####plugins.generic.citationStyleLanguage.download.bibtex##
##journal.references##
Ajzen, I. 2005, Attitudes, Personality and Behavior, 2nd Edition, McGraw-Hill Professional Publishing, Berkshire, GBR.
Ajzen, I., dan Fishbein, M. 1980. Understanding Attitude and Predicting Social Behavior. Englewood Cliff. New York: Prectice Hall.
Anggraeni, D., & Setiawan, I. A. (2017). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan SOsial Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, IX(2), 26–35.
Ariantini, K. T., Herawati, N. T., & Sulindawati, N. L. G. E. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi pada mahasiswa jurusan akuntansi program s1 angkatan 2013 universitas pendidikan ganesha. E-Journal Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 7(1), 1–11.
Arif, Kennedy. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Raja Ali Haji Angkatan 2010
Darmawan, G. P. 2017. Pengaruh SelfRegulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. E-Journal Pendidikan Ekonomi.
Dwirandra. (2013). Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dan Sikap Etis dengan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Pemoderasi.
Febriansyah, Erwin, dkk. 2020. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Mata Kuliah Pengantar Akuntansi (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muh ammadiyah B engkulu). Journal Ekombis Revie.
Lisda, Afria. 2009. pengaruh kemampuan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap perilaku etis auditor serta dampaknya pada kinerja
Rusmiani, N. K. A., & Widanaputra, A. A. G. P. (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali , Indonesia ABSTRAK PENDAHULUAN Pendidikan akuntansi khususnya pendidikan tinggi akuntansi yang diselenggarakan di pe. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20, 959–985.
Saguni, F., & Amin, S. M. (2014). Hubungan Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Self Regulation Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 1 Palu. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, Vol.2, No., 208–209.
Wariani, T., Vinsensia, H. B. H., dan Cornelis. B. 2017. Hubungan antara Keterampilan Sosial dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Kimia Dasar 1 Mahasiswa Angkatan Tahun 2016/2017 Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNWIRA Kupang. Jurnal seminar nasional pendidikan sains.
Yani, F. (2011). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Pendidikan.
Zohar, D. dan I. M. (2001). SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Mamaknai Kehidupan. Mizan Pustaka.