Development of magic box learning media material circulatory system Class XI SMAN 16 Bulukumba

  • Nuraevi Astuti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ainul Uyuni Taufiq UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Tenri Ola Rivai UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk:1) Memahami tingkat validitas media pembelajaran Kotak Ajaib pada materi sistem peredaran darah kelas XI di SMAN 16 Bulukumba, 2) Memahami tingkat kepraktisan media pembelajaran Kotak Ajaib untuk materi sistem peredaran darah kelas XI di SMAN 16 Bulukumba, dan 4) Memahami tingkat validitas materi media pembelajaran Kotak Ajaib sistem peredaran darah kelas XI di SMAN 16 Bulukumba Model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi) digunakan dalam penelitian ini. Uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan semuanya digunakan dalam pengembangan produk. Penelitian ini mengikutsertakan 22 siswa kelas XI SMAN 16 Bulukumba. Instrumen penelitian terdiri dari butir tes, lembar validasi media untuk mengumpulkan data keefektifan produk, angket respon siswa dan pendidik terhadap mengumpulkan data kepraktisan produk, dan soal tes untuk mengumpulkan data validitas produk. Berdasarkan evaluasi tanggapan pendidik dan siswa, media yang dikembangkan memiliki tingkat validitas 3,8 (sangat valid), tingkat kepraktisan 3,7 (sangat praktis), dan tes hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Kotak Ajaib mencapai 82% sangat efisien), sehingga media pembelajaran Kotak Ajaib dapat digunakan karena memenuhi persyaratan yang valid, berguna, dan efisien.

 

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Magic Box.

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 168 times