Pendampingan Belajar Kosa Kata Bahasa Arab dengan Metode Audio Visual di TK/TPA Al Fathani Gowa
DOI:
https://doi.org/10.24252/khidmah.v5i2.59770Kata Kunci:
Audio-Visual, Kosakata, Bahasa ArabAbstrak
Pemerolehan bahasa pada anak memerlukan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik perkembangan. Pembelajaran kosakata membutuhkan pendekatan yang menarik, konkret, dan mudah dipahami. Metode audio-visual dipilih karena anak usia dini cenderung lebih mudah memahami materi melalui gambar, suara, dan gerakan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan belajar mufrodat (kosakata bahasa Arab) melalui metode audio-visual di TK/TPA Al-Fathani Gowa. Kegiatan pengabdian meliputi perencanaan, yang mencakup penyusunan materi, teknis pendampingan, penentuan penanggungjawab setiap pertemuan dan persiapan alat-alat pembelajaran. Materi yang diajarkan mencakup angka 1-10 dalam ketepatan arti, pelafalan, jumlah kosakata yang dikuasai dan urutan. Pembelajaran dilakukan menggunakan lagu, video, kartu kata, dan praktik langsung. Kegiatan ini mengacu pada teori behaviorisme dan kognitivisme dalam pembentukan kebiasaan dan pemahaman bahasa. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa metode audio-visual menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga anak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan membantu santri/santriwati menghafal angka dalam bahasa arab.
Unduhan
Referensi
Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012. Psikodimensia, 18(1), 85. https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708
Abidin, A. M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak). An-Nisa, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.30863/an.v15i1.3315
Adi, H. M. M. (2019). Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ihya Al-Arabiyah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab Dengan, 5(2), 212–220.
Al Haddad, A., Hasaniyah, N., Muntaqim, A., & Anshory, A. (2025). Pengaruh Media Visual Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Arab: Telaah Teoritis. 02(04).
Aris, Basri, & Muhammad Yany. (2024). Pengaruh Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 53–63. https://doi.org/10.62667/begibung.v2i2.99
Badi’ah, Z. (2021). Implikasi Teori Belajar Kognitif J. Piaget dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Audiolongual. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 76. https://doi.org/10.51278/aj.v3i1.166
Dhieni, N. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka. (Jakarta). Universitas Terbuka.
Fatmawati, Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (2021). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Media Pembelajaran Audio Visual: Literature Review, 10(1), 82–91.
Haqi, A., Risfina, A. M., Suryana, E., & Harto, K. (2023). Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1632–1641. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5256
Jannah, R., Hasnah, S., & Akhiryani, A. (2023). Implementasi Metode Drill dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Kosakata Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah. Al-Bariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 60–76.
Lilis Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak (Cetakan Ke). Kencana Prenada Media Group.
Manshur, U., & Ramdlani, M. (2020). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai. Al Murabbi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854
Mussabeh, I. (2020). The effect of the (Jerome Brunner Exploration) and the (Hilda Tapa inductive) models in the immediate and delayed achievement for the science subject of the eighth primary grade at Theiban district. Dirasat: Educational Sciences, 47(3), 398–413.
Mustofa, A., & Moh. Abdul Kholiq Hasan. (2023). Peran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam di Ma’had Aly Ar-Rasyid Wonogiri: Tinjauan Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Media Akses Ilmu Agama. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 88–94. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i2.8642
Nofindra, R. (2019). Ingatan, lupa dan Transfer dalam belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendikan Rokania, 4(1), 75–84.
Pera Aprizal, A. (2021). Jurnal Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 2021.
Putra, R. A., Kamil, M., & Pramudia, J. R. (2017). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 23–36.
Rahim Marpaung, W., & Lubis, Z. (2023). Strategi Penerapan Lingkungan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab Di Pesantren Modern Darussalam. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 183–191. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.39073
Rahmah, N. W., & Aly, H. N. (2023). Penerapan Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran. JOEAI, 6(1), 89–90.
Ridwan, M. (2023). Membuka wawasan keislaman: Kebermaknaan bahasa arab dalam pemahaman islam. Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan, 4(2), 97–110. https://doi.org/https://doi.org/10.51190/jazirah.v4i1.100
Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







