Pendampingan Belajar Kosa Kata Bahasa Arab dengan Metode Audio Visual di TK/TPA Al Fathani Gowa

Penulis

  • Ade Agusriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar https://orcid.org/0000-0002-9546-0071
  • Sri Mulya Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Aydil Hisyaf Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Dian Chaerani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Jami'atul Khaerah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/khidmah.v5i2.59770

Kata Kunci:

Audio-Visual, Kosakata, Bahasa Arab

Abstrak

Pemerolehan bahasa pada anak memerlukan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik perkembangan. Pembelajaran kosakata membutuhkan pendekatan yang menarik, konkret, dan mudah dipahami. Metode audio-visual dipilih karena anak usia dini cenderung lebih mudah memahami materi melalui gambar, suara, dan gerakan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan belajar mufrodat (kosakata bahasa Arab) melalui metode audio-visual di TK/TPA Al-Fathani Gowa. Kegiatan pengabdian meliputi perencanaan, yang mencakup penyusunan materi, teknis pendampingan, penentuan penanggungjawab setiap pertemuan dan persiapan alat-alat pembelajaran. Materi yang diajarkan mencakup angka 1-10 dalam ketepatan arti, pelafalan, jumlah kosakata yang dikuasai dan urutan. Pembelajaran dilakukan menggunakan lagu, video, kartu kata, dan praktik langsung. Kegiatan ini mengacu pada teori behaviorisme dan kognitivisme dalam pembentukan kebiasaan dan pemahaman bahasa. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa metode audio-visual menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga anak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dan membantu santri/santriwati menghafal angka dalam bahasa arab.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, S. M. (2019). Social Cognitive Theory : A Bandura Thought Review published in 1982-2012. Psikodimensia, 18(1), 85. https://doi.org/10.24167/psidim.v18i1.1708

Abidin, A. M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak). An-Nisa, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.30863/an.v15i1.3315

Adi, H. M. M. (2019). Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ihya Al-Arabiyah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab Dengan, 5(2), 212–220.

Al Haddad, A., Hasaniyah, N., Muntaqim, A., & Anshory, A. (2025). Pengaruh Media Visual Terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Arab: Telaah Teoritis. 02(04).

Aris, Basri, & Muhammad Yany. (2024). Pengaruh Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 53–63. https://doi.org/10.62667/begibung.v2i2.99

Badi’ah, Z. (2021). Implikasi Teori Belajar Kognitif J. Piaget dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Audiolongual. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 76. https://doi.org/10.51278/aj.v3i1.166

Dhieni, N. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka. (Jakarta). Universitas Terbuka.

Fatmawati, Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (2021). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Media Pembelajaran Audio Visual: Literature Review, 10(1), 82–91.

Haqi, A., Risfina, A. M., Suryana, E., & Harto, K. (2023). Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1632–1641. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5256

Jannah, R., Hasnah, S., & Akhiryani, A. (2023). Implementasi Metode Drill dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Kosakata Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah. Al-Bariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 60–76.

Lilis Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak (Cetakan Ke). Kencana Prenada Media Group.

Manshur, U., & Ramdlani, M. (2020). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai. Al Murabbi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854

Mussabeh, I. (2020). The effect of the (Jerome Brunner Exploration) and the (Hilda Tapa inductive) models in the immediate and delayed achievement for the science subject of the eighth primary grade at Theiban district. Dirasat: Educational Sciences, 47(3), 398–413.

Mustofa, A., & Moh. Abdul Kholiq Hasan. (2023). Peran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam di Ma’had Aly Ar-Rasyid Wonogiri: Tinjauan Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Media Akses Ilmu Agama. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 88–94. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i2.8642

Nofindra, R. (2019). Ingatan, lupa dan Transfer dalam belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendikan Rokania, 4(1), 75–84.

Pera Aprizal, A. (2021). Jurnal Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 2021.

Putra, R. A., Kamil, M., & Pramudia, J. R. (2017). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 23–36.

Rahim Marpaung, W., & Lubis, Z. (2023). Strategi Penerapan Lingkungan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Arab Di Pesantren Modern Darussalam. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 183–191. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.39073

Rahmah, N. W., & Aly, H. N. (2023). Penerapan Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran. JOEAI, 6(1), 89–90.

Ridwan, M. (2023). Membuka wawasan keislaman: Kebermaknaan bahasa arab dalam pemahaman islam. Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan, 4(2), 97–110. https://doi.org/https://doi.org/10.51190/jazirah.v4i1.100

Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Agusriani, A., Sri Mulya, Aydil Hisyaf, Dian Chaerani, & Jami’atul Khaerah. (2025). Pendampingan Belajar Kosa Kata Bahasa Arab dengan Metode Audio Visual di TK/TPA Al Fathani Gowa. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 127–135. https://doi.org/10.24252/khidmah.v5i2.59770

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama