Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Perpustakaan IST AKPRIND Yogyakarta dengan Model Center for the Study of Evaluation – University of California in Los Angeles (CSE-UCLA)

  • Yusrin Karauna Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
  • Anis Masruri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
    (ID)
Kata Kunci: Evaluasi; Pendidikan Pemakai; CSE-UCLA

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kegiatan program pendidikan pemakai di perpustakaan IST AKPRIND Yogyakarta dengan menggunakan model evaluasi CSE-UCLA yang terdiri dari empat tahap yaitu; (1) Needs Assessment, (2) Program Planning, (3) Formative Evaluation, (4) Summative Evaluation.  Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penentuan pengambilan sumber data dengan cara insidental sampling teknik pengumpulan data dengan kuisioner. responden dalam penelitian ini mahasiswa sebanyak 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahapan Needs Assessment, berfokus pada program, tujuan dan analisis kebutuhan SDM pendidikan pemakai sebesar 97,5% dikategorikan sangat sesuai. Program Planning, tahapan ini terkait tentang materi program, perencanaan program, mentor atau pemateri, peserta didik dan anggaran pendidikan pemakai sebesar 94,35% dikategorikan sesuai. Tahapan Formative Evaluation, tentang proses pelaksanaan, kesesuaian pelaksanaan, sarana dan prasarana serta monitoring dan supervisi pendidikan pemakai sebesar 98,37% dikategorikan sangat sesuai. Kemudian tahapan Summative Evaluation, evaluasi tentang ketercapaian tujuan program dan dampak program pendidikan pemakai sebesar 98,25% dikategorikan sangat sesuai.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Ke Dua). Bumi Aksara.
Cahyadi, I. N. (2017). Kegiatan bimbingan pemustaka untuk meningkatkan layanan di perpustakaan. 1–13. http://digilib.isi.ac.id/4486/1/Bimbingan%20Pemustaka.pdf
Febrianti, B. R. (2019). Pendidikan pemakai (user education) bagi mahasiswa baru di Perpustakaan Universitas Sriwijaya. Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca, 35(1), 15–22.
Lazwardi, D. (2017). Implemetasi Evaluasi Program Pendidikan Pemakai di Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 143–156.
Rangkuti, L. A. (2014). Pentingnya Pendidikan Pemakai (User Education) di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Iqra, 08(01), 40–46.
Sholihin, P. M., & Ratmono, D. D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. Penerbit Andi.
Su, D. (2014). Library Instruction Design: Learning from Google and Apple. UK: Chandos Information Professional Series. Chandos Publishing.
Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (kedua). Alfabeta.
Trinanda, L. (2015). Pelaksanaan Pendidikan Pemakai di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. 4(1).
Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 37. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.790
Diterbitkan
2023-09-08
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 347 times