Aplikasi Regresi Logistik Biner Pada Kejadian Putus Sekolah Pekerja Anak Di Pulau Sulawesi

Penulis

  • Nazlia Rosmini Badan Pusat Statistik
  • Nofita Istiana Politeknik Statistika STIS

DOI:

https://doi.org/10.24252/msa.v13i2.57776

Kata Kunci:

pekerja anak, putus sekolah, regresi logistik biner

Abstrak

Anak merupakan generasi penerus bangsa yang perannya sangat penting pada pembangunan dimasa mendatang. Anak yang berada dalam keluarga miskin membuat mereka beraktivitas sebagai pekerja anak. Pekerja anak harus membagi waktunya antara bekerja dan bersekolah, sehingga tak jarang menjadi penyebab anak putus sekolah. Salah satu wilayah dengan tingkat pekerja anak yang tinggi adalah Pulau Sulawesi. Hasil penelitian ini adalah kejadian putus sekolah pada pekerja anak di pulau tersebut mencapai 16,39 persen. Aplikasi model regresi logistik biner pada data Susenas Maret 2022 menunjukkan bahwa jenis kelamin anak, umur anak, status kemiskinan, dan tingkat pendidikan kepala rumah tangga signifikan memengaruhi kejadian putus sekolah pada pekerja anak di Pulau Sulawesi tahun 2022.

Referensi

Mankiw, N. G., Romer, D., & Weil, D. N. (1992). A Contribution to the empiries of economic growth. The quarterly journal of economics, 107(2), 407-437

Vebrianto. (1995). Pengaruh Keluarga dalam Pendidikan Anak. Jakarta: Jaya Sakti.

Utami, W. N., & Rosyid, A. (2020). Identifikasi faktor penyebab siswa putus sekolah di tingkat sekolah dasar wilayah duri kepa. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–12.

DPR RI. (2023). "Banyak Anak Putus Sekolah, Puan Ingatkan Pemerintah Wajib Beri Akses Pendidikan". Diakses 24 Juni 2024, https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/47278/t/Banyak%20Anak%20Putus%20Sekolah,%20Puan%20Ingatkan%20Pemerintah%20Wajib%20Beri%20Akses%20Pendidikan.

Aisy, R.D., & Fanny N. (2022). Pengaruh Tingkat Kemiskinan Dan Angka Putus Sekolah terhadap Pekerja Anak di Indonesia. Jurnal Ekonomika Indonesia Unimal Volume 11 Nomor 1.

Rustam, M. B. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Sekolah Pekerja Anak Usia Wajib Belajar 9 Tahun di Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Badan Pusat Statistik. (2022). Booklet Pekerja Anak di Indonesia 2022 Sebelum dan Semasa Pandemi COVID-19.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2022). Persentase pekerja anak di Indonesia 2022.

Ramanda, Y., Asmara, I., & Sukadana, W. (2016). Mengapa Angka Putus Sekolah Masih Tinggi? (Studi Kasus Kabupaten Buleleng Bali). Alisuf Sabri, Ilmu Pendidikan. (Cet. I, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1999)

Sinaga, N. D., Rais, R., & Sain, H. (2016). Model Regresi Logistik Biner Untuk Menentukan Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Anak Putus Sekolah Di Sulawesi Tengah. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan, 13(1), 24–37. https://doi.org/10.22487/2540766x.2016.v13.i1.7494

Hakim, A. (2020). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah. Jurnal Pendidikan, 21(2), 122–132. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.907.2020

Badan Pusat Statistik. (2022). Indikator Pekerjaan Layak di Indonesia Tahun 2020-2022.

Lestari, A. A. B., Kurniawan, F., & Ardi, R. B. (2020). Penyebeb Tingginya Angka Anak Putus Sekolah Jenjang Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 299-308.

Thalib, M. D. (2013). Problematika Putus Sekolah dan Pengangguran (Analisis Sosial Pendidikan). Jurnal Al-Ishlah, 11(20), 1-16.

Sofyan., Agustang. A., Putra A.A. D. M. (2022). Dinamika Putus Sekolah di Kalangan Pekerja Anak di Kota Makassar.

Rumberger. R. W. (2001). Why students drop out of school and what can be done.

D. W. Hosmer and S. Lemeshow. (2000). Applied Logistic Regression Second Edition. John Wiley & Sons, Inc, 2000.

Perhati, T. A., & Susetyo, B. (2017). Identifikasi Karakteristik Anak Putus Sekolah Di Jawa Barat Dengan Regresi Logistik. Indonesian Journal of Statistics and Its Applications, 1(1), 56–65.

Cahyawati S, D., Dwipurwani, O., & Ruswanti. (2014). Penentuan Peluang Anak Putus Sekolah Pendidikan Dasar di Kabupaten Ogan Ilir mengggunakan Regresi Logistik Biner (Studi Kasus pada Kelompok Masyarakat Miskin). Jurnal Matematika Integratif, 10(2), 69–75. https://doi.org/10.24198/jmi.v10i2.10249

Satti, R. A., & Jamil, M. (2021). Socio-Economic Determinants of School Dropouts: An Evidence from Households in Pakistan. IRASD Journal of Economics, 3(3), 388–401. https://doi.org/10.52131/joe.2021.0303.0053

Arum, A. P., & Adry, M. R. (2020). Analisis Determinan Partisipasi Sekolah di Provinsi Jambi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 9, 10–21.

Limbong, F. S., & Setiadi, Y. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Putus Sekolah Jenjang SMA/Sederajat di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019. In Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika (Vol. 3)

Diterbitkan

2025-10-08

Cara Mengutip

[1]
N. Rosmini dan N. Istiana, “Aplikasi Regresi Logistik Biner Pada Kejadian Putus Sekolah Pekerja Anak Di Pulau Sulawesi”, MSA, vol. 13, no. 2, hlm. 41–53, Okt 2025.