MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN PAUD DI RA AL-IKHLAS BINAAN DHARMA WANITA KANWIL KEMENTERIAN AGAMA, PROVINSI SULAWESI SELATAN

Penulis

  • Ahmad Afiif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Hardianti Hardianti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Fitri Febrianti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nabila Nabila Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Asmidar Asmidar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.6925

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen tenaga kependidikan di RA Al-Ikhlas Binaan Dharma Wanita Kanwil Kementerian Agama, Provinsi Sulawesi Selatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru RA Al-Ikhlas yang berjumlah 7 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) guru melakukan pengamatan terhadap tumbuh kembang anak secara bertahap; 2) guru melakukan konsultasi dengan kepala sekolah terhadap permasalahan yang dihadapi di dalam kelas; 3) memberikan perhatian dalam bentuk kasih sayang kepada anak didik; 4) guru mengenali kepribadian anak dengan baik; 5) guru memberi kesempatan kepada anak untuk bermain; 6) memiliki kepribadian yang ceria; 7) guru memiliki kemampuan berinteraksi dengan baik terhadap orang lain termasuk peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ahmad Afiif, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini

Hardianti Hardianti, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini

Fitri Febrianti, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini

Nabila Nabila, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini

Asmidar Asmidar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini

Referensi

Abdoellah. (2017). Mewujudkan Guru dan Tenaga Kependidikan Paud dan Dikmas Yang Mulia, Profesional, dan Sejahtera Untuk Membentuk Insan Indonesia Yang Bekarakter. Jurnal Ilmiah PGTK PAUD dan Dikmas Vol.12, No.1.

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/2798&ved=2ahUKEwiiyomgxMnfAhVBgI8KHaEnCNoQFjAAegQIBRAB&usg=AOvVaw3x_DuZaBUyeUbwOGYE7dVK

Rusmiati, Rusi Aliyyah. (2017). Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta Selatan: Polimedia Publishing.
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.researchgate.net/publication/326775111_Pengelolaan_Pendidik_dan_Tenaga_Kependidikan&ved=2ahUKEwiErLLCxMnfAhVCrY8KHVAxCDcQFjAAegQIBBAB&usg=AOvVaw2686ybCDIgoahxJbsnlFhO

Suyadi. (2017). Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA Mendirikan, Mengelola, dan Mengembangkan PAUD. Yogyakarta: Pustakapelajar

Triwianto, T. Manajemen Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Upaya Memperkuat Karakter Bangsa (Tanpa tahun).
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/Teguh-Triwiyanto-UM-Manajemen-Pendidik-Tenaga-Kependidikan-dan-Upaya-Memperkuat-Karakter-Bangsa.pdf&ved=2ahUKEwjH4t_wwsnfAhXMro8KHf5-A2wQFjABegQICBAB&usg=AOvVaw12R-OmgeujJbyetUE2p_2l

Usa Muslih. (2005). Guru dalam Undang-Undang No. 14/2005. JPI FIAI Jurusan Tarbiyah Volume XIII Tahun VIII Desember 2005: hl.13-14.
https://www.google.com/url?
sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/69398-ID-guru-dalam-uu-no142005.pdf&ved=2ahUKEwilp6LMw8nfAhWDvo8KHfvMA5kQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0K8mLNUPcEFS2IdtgGb4s_

Unduhan

Diterbitkan

2019-06-28

Cara Mengutip

Afiif, A., Hardianti, H., Febrianti, F., Nabila, N., & Asmidar, A. (2019). MANAJEMEN TENAGA KEPENDIDIKAN PAUD DI RA AL-IKHLAS BINAAN DHARMA WANITA KANWIL KEMENTERIAN AGAMA, PROVINSI SULAWESI SELATAN. NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.6925

Terbitan

Bagian

Artikel