PENGARUH KOMPETENSI DAN KINERJA PEGAWAI ADMINISTRASI TERHADAP MUTU LAYANAN ADMINISTRASI DI STKIP DDI PINRANG SULAWESI SELATAN
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mendeskripsikan kompetensi, kinerja pegawai dan mutu layanan administrasi di STKIP DDI Pinrang Sulawesi Selatan, dan untuk menguji pengaruh kompetensi dan kinerja pegawai administrasi secara parsial dan simultan terhadap mutu layanan administrasi di STKIP DDI Pinrang Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa di STKIP DDI Pinrang Sulawesi Selatan berjumlah 184 mahasiswa yang disampel menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 36 mahasiswa dari 20% populasi. Instrumen menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskripsi dan inferensial yaitu teknik analisis regresi parsial dan regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa kompetensi pegawai, kinerja pegawai administrasi dan mutu layanan administrasi berada pada kategori sedang yang artinya kompetensi, kinerja dan mutu layanan administrasi di STKIP DDI Pinrang masih perlu ditingkatkan. Kompetensi pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu layanan administrasi dan memiliki pengaruh sebesar 47.2%. Kinerja pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu layanan administrasi dan memiliki pengaruh sebesar 64.8%. Kompetensi dan kinerja pegawai secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu layanan administrasi di STKIP DDI Pinrang Sulawesi Selatan dan memiliki pengaruh sebesar 85.2%. Implikasi penelitian ini adalah pegawai administrasi kiranya tetap melatih dan mengembangkan potensi yang telah dimiliki seperti pengetahuan, sifat yang penuh disiplin dan mengembangkan keterampilannya agar kinerja menjadi lebih baik, bekerja dengan penuh disiplin dan bertanggung jawab, menghasilkan kerja yang berkualitas dan berproduktivitas, tetap menjaga komitmen baik antara sesama pegawai dan organisasi, sehingga mutu layanan administrasi dapat lebih meningkat. Dengan meningkatnya mutu layanan administrasi maka mahasiswa akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
Referensi
Akilah, F., & Rahman, D. (2020). Telaah Fungsional Konsepsi Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 187–196. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.998
Azan, K., Meirawan, D., & Sutarsih, C. (2015). Mutu Layanan Akademik. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 22(1), 190–203. https://doi.org/10.17509/jap.v22i1.5931
Er, L. V. M., & Rahman, D. (2019). Kinerja Pegawai (Analisis Komparatif Berdasarkan Gender) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone. Manajemen Pendidikan, 14(2), 137–143. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9165
Getteng, A. R. (2014). Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Yogyakarta: Graha Guru.
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Layanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Indrasari, M. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan: Tinjauan Dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu dan Karakteristik Pekerjaan. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Kolter, P. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan,. Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: Prehalindo.
Kurniawan, N., Badrizal, & Feri, U. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai dan Teknologi Informasi Tata Usaha secara Simultan terhadap Pelayanan Administrasi di SMA Negeri 10 Kerinci. Jurnal Administrasi NusantaraMahasiswa (JAN Maha), 3(8), 17–28.
Mariah, S., & Sa’ud, U. S. (2013). Pengaruh Motivasi dan Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Layanan Administrasi Akademik. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1), 145–153. https://doi.org/10.17509/jap.v17i1.6440
Mukminin, A., Habibi, A., Prasojo, L. D., & Lia, Y. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Pabundu. (2012). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rande, D. (2016). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mamuju Utara. E Jurnal Katalogis, 4(2), 101–109. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6537
Safitri, D. N., & Rustiana, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pegawai, Fasilitas Kantor, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 120–130. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13478
Santosa, D. P. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah dan Partisipasi Masyarakat terhadap Mutu Layanan Pendidikan pada Madrasah Aliyah Swasta Tahfizhil Qur’an Medan. Jurnal Magister Ilmu Administrasi UPMI, 1(1), 53–66.
Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Universitas Diponegoro.
Sobari, R. A. R. (2018). Pengaruh Kopetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2). https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab/article/view/238
Spencer, M. L., & Spencer, M. S. (1993). Competence at Work Models for Superior Performance. New York, USA: John Wily & Son, Inc.
Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Syahrul, S., Hermanto, H., & Wahyulina, S. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Penerapan Prinsip-Prinsip Standar Layanan Covid 19 terhadap Mutu Pelayanan di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 433–441. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.250
Tjiptono. (2012). Service Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.
Uha, I. N. (2013). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta: Kencana.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).