UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS GURU MELALUI PEMANFAATAN IT DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.24252/jme.v2i2.32008Kata Kunci:
Evaluasi Pembelajaran, Produktivitas Guru, Microsoft ExcelAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas pemanfaatan IT yaitu Microsoft excel dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran peserta didik sebagai langkah peningkatan kinerja guru di SMPN 02 Bajeng Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui wawancara untuk efektifitas pemanfaatan Microsoft Excel untuk mengolah data hasil belajar peserta didik dalam rangka meningkatkan kinerja guru di SMPN 02 Bajeng Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga pendidik di SMPN 02 Bajeng Barat telah menggunakan Microsoft Excel dalam mengolah data hasil belajar peserta didik walaupun dalam penerapannya masih ada yang belum sepenuhnya menggunakan fitur dan fungsi formula Excel dengan maksimal. Penggunaan Microsoft Excel membantu guru untuk bekerja dengan lebih cepat selama proses evaluasi pembelajaran ini, untuk itu sekolah harus memaksimalkan pelatihan pengembangan kompetensi guru dalam penggunaan IT.
Referensi
Marlaise, I. (2019). Bimbingan Teknis Pengolahan Nilai Melalui Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Ms.Excel Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengolah Data Hasil Evsaluasi Pembelajaran. P2M STKIP Siliwangi, 6(1), 51. https://doi.org/10.22460/p2m.v6i1p51-62.1246
Nasution, A. S., Salayan, M., & Bahri, S. (2020). Microsoft Excel Sebagai Media Membantu. 101809, 206–210.
Nursita, L., Alifa, R. N., Akmal, & Latif, M. I. (2022). Komparasi Aplikasi Prezi Vs Power Point sebagai Media Pembelajaran pada Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.556
Sari, H. P., & Muhartini, R. (2017). Sistem Aplikasi Pengolahan Nilai Raport Sdn Tanjunganom 2 Kecamatan
Tanjunganom Nganjuk. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11(1), 65–80. https://doi.org/10.35457/antivirus.v11i1.199
Wuryani, & Irham. (2014). Penilaian dalam Perspektif Kurikulum 2013. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19, 191–199.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







