PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia terhadap kepuasan kerja pegawai di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 213 orang pegawai dengan sampel sebanyak 40 pegawai yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) pelatihan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja pegawai sebesar 24% dengan nilai signifikan sebesar 0,02 < 0,05 dan thitung 3,262 > ttabel 2,024; 2) pengembangan sumber daya manusia berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja sebesar 21,4% dengan nilai thitung 3,039 > ttabel 2,024 dan nilai signifikansi 0,04 < 0,05; 3) terdapat pengaruh signifikan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia secara simultan terhadap kepuasan kerja pegawai di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sebesar 45,2% dengan nilai Fhitung 15,289 > Ftabel 3,24 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian, kepuasan kerja pegawai sangat ditentukan oleh pelatihan dan pengembangan yang dilakukan oleh instansi tempat mereka bekerja. Oleh karena itu, pemimpin diharapkan lebih memperhatikan kebutuhan pelatihan bagi pegawai dan meningkatkan kompetensi profesionalnya. Pengembangan sumber daya manusia pegawai masih dibutuhkan sehingga kepuasan dapat dirasakan oleh pegawai yang akan berdampak pada kinerjanya.
Referensi
Achmadi, N. C. & A. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Akilah, F., & Rahman, D. (2020). Telaah Fungsional Konsepsi Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 187–196. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.998
Aprianis, & SM, R. B. (2021). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pelatihan terhadap Kepuasan Kerja Pegawai pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Way Kanan. Jurnal Gema Ekonomi, 11(2), 1869–1881. https://e-jurnal.stieprasetiyamandiri.ac.id/index.php/gem/article/view/325/305
Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Batilmurik, R. W. (2015). Pengaruh Motivasi terhadap Kepuasan Keja Karyawan Pada Hotel Kristal Kupang. In Tesis. Malang: Universitas Brawijaya.
Bintoro, & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media.
Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan Kolaboratif: Sebuah Bentuk Kepemimpinan Untuk Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197–207. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.5120
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: Rajawali Pers.
Kriyantono, R. (2014). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Kurniawan, A. W. (2012). Pengaruh Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Karyawan Bank Sulselbar. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 16(4), 391–408. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2012.v16.i4.2332
Lolowang, M. G., Adolfina, & Lumintang, G. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Berlian Kharisma Pasifik Manado. Jurnal EMBA, 4(2), 177–186. https://doi.org/10.1080/00050326.1957.10437402
Mangkunegara, A. A. A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marwansyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Pawastri, N., Istiatin, I., & Kustiah, E. (2018). Pengaruh Pelatihan, Reward, dan Kepuasan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT Kusumahadi Santosa Karanganyar. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 73–81. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.471
Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Semarang: Universitas Diponegoro.
Sunyoto, D. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.
Supriyadi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetensi SDM. Yogyakarta: Andi.
Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Syamsuddin, Rama, B., Baharuddin, Achruh, A., & Rahman, D. (2022). The Effect of Madrasah Principal Leadership and Compensation on Teacher Job Satisfaction. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 93–103. https://doi.org/10.21580/nw.2022.16.1.13694
Syukur, F. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan. Semarang: Program Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang.
Van Mok Er, L., & Rahman, D. (2019). Kinerja Pegawai (Analisis Komparatif Berdasarkan Gender) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone. Manajemen Pendidikan, 14(2), 137–143. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9165
Wahjosumidjo. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tijauan Teoritik dan Permasalahan. Grafindo.
Wardinigsih, R. (2019). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pangkep.
Wibowo. (2017). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).