Pengembangan Augmented Reality Berbasis Android Dalam Pembelajaran Ipa SMP/mts pada materi sistem pencernaan
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan augmented reality berbasis android dalam pembelajaran IPA SMP/MTs pada materi sistem pencernaan yang memenuhi kriteria valid dan praktis, serta mengetahui respon peserta didik terhadap media. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) model pengembangan Sugiyono (2019). Langkah penelitian ini dibatasi sampai langkah ketujuh yaitu revisi produk, hal ini dikarenakan oleh keterbatasan peneliti. Data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan menggunakan Teknik analisis data yang dipakai adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil validitas produk augmented reality berbasis android sudah dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh nilai sebesar 82%, dinyatakan valid oleh ahli materi pembelajaran memperoleh nilai sebesar 78% dan oleh ahli bahasa memperoleh nilai sebesar 90% sangat valid. Tingkat praktikalitas oleh guru yang dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada peserta didik dalam pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 94%. Respon sangat baik dari 25 peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Pekanbaru dengan memperoleh nilai sebesar 90% terhadap augmented reality berbasis android dalam pembelajaran IPA SMP/MTs pada materi sistem pencernaan manusia. Berdasarkan penilaian ahli dan uji terbatas, augmented reality berbasis android dalam pembelajaran IPA SMP/MTs pada materi sistem pencernaan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Media pembelajaran, augmented reality berbasis android, IPA SMP/MTs, sistem pencernaa