Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Hedonis Remaja terhadap Proses Keputusan Pembelian Makanan Cepat Saji Burger King di Kota Makssar dengan Perilaku Konsumtif sebagai Variabel Intervening
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh uang saku dan gaya hidup hedonis remaja terhadap proses keputusan pembelian makanan cepat saji dengan perilaku konsumtif sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah uang saku dan gaya hidup hedonis sebagai variabel independent, proses keputusan pembelian sebagai variabel dependen, perilaku konsumtif sebagai variabel intervening (mediasi). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer yang mana metode pengumpulan datanya menggunakan metode kuesioner yang disebar kepada seluruh remaja di Kota Makassar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang responden. Dengan pengelolaan data primer dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) menggunakan bantuan software Statistical Package for Social Sciencee (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara parsial ditemukan bahwa dukungan variabel uang saku dan variabel gaya hidup hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian makanan cepat saji Burger King di Kota Makassar. Secara parsial uang saku bernilai negatif dan tidak memiliki pengaruh signifikansi terhadap perilaku konsumtif dan gaya hidup hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Secara tidak langsung uang saku, dan gaya hidup hedonis berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian melalui perilaku konsumtif.
Kata Kunci: Uang Saku, Gaya Hidup Hedonis, Proses Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumtif.