PENGARUH INDIGENOUS CULTURE DAN GROUP OF REFERENCE TERHADAP MINAT BELI SONGKOK RECCA DENGAN ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MASYARAKAT BUGIS DI KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Andi Ayub Zulfikar Manajemen 08518689686
  • Awaluddin
  • Fauzia Bakhtiar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh indegenous culture dan group of reference terhadap minat beli songkok Recca, dengan attitude sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat Bugis di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dan dianalisis menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indigenous culture dan group of reference berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Sementara itu, attitude memoderasi pengaruh indigenous culture secara negatif dan signifikan, serta memoderasi pengaruh group of reference secara positif dan signifikan terhadap minat beli. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pelestarian budaya lokal melalui pendekatan perilaku konsumen.

 

Kata Kunci: Indegenous Culture, Group of Reference, Minat Beli, Attitude

Diterbitkan

2025-09-30

Cara Mengutip

Manajemen, A. A. Z., Awaluddin, & Fauzia Bakhtiar. (2025). PENGARUH INDIGENOUS CULTURE DAN GROUP OF REFERENCE TERHADAP MINAT BELI SONGKOK RECCA DENGAN ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MASYARAKAT BUGIS DI KOTA MAKASSAR. Study of Scientific and Behavioral Management, 6(3). Diambil dari https://arsip-journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/56685