Empat Tahun Setelah Merger: Bagaimana Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia?
Abstrak
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada Bank Syariah Indonesia pasca merger.
Metodologi: Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur berbasis Partial Least Square (PLS) pada nasabah Bank Syariah Indoenesia di Kota Makassar
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kualitas pelayanan juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, namun tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas. Meskipun demikian, analisis mediasi memperlihatkan bahwa kepuasan berperan signifikan sebagai mediator dalam hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas. Hasil total effect mengonfirmasi bahwa kualitas pelayanan tetap berpengaruh signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah.
Keterbatasan Penelitian: penelitian ini terbatas pada satu kota saja, tidak mengambil pada konteks berbagai daerah
Orisinalitas: penelitian ini menghighligt fenomena loyalitas dalam konteks pengalaman nasabah setelah terjadi merger.
Kata kunci: Customer Satisfaction, Loyality, Service Quality







