PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TERKAIT PEMBELAJARAN DARING VIA LENTERA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

THE INFLUENCE OF STUDENTS' PERCEPTIONS RELATED TO ONLINE LEARNING VIA LENTERA ON STUDENT'S LEARNING MOTIVATION IN THE MATHEMATICS EDUCATION DEPARTMENT

  • Rara Aprilyanti UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ika Prasasti Abrar UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suharti UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Persepsi, Pembalajaran Daring, Lentera, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa terkait pembelajaran daring via lentera, serta motivasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi mahasiswa terkait pembelajaran daring via lentera terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar angkatan 2018, 2019, dan 2020 dengan jumlah sebanyak 251 mahasiswa dan sampel sebanyak 154 mahasiswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi mahasiswa terkait pembelajaran daring via lentera terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk persepsi mahasiswa terkait pembelajaran daring via lentera (X) diperoleh nilai rata-rata 54,02 berada pada kategori sedang, sedangkan untuk motivasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan matematika (Y) diperoleh nilai rata-rata 48,47 berada pada kategori sedang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Fakultas Tarbiyah dan Keguruaan, UIN Alauddin Makassar

##submission.authorWithAffiliation##

Fakultas Tarbiyah dan Keguruaan, UIN Alauddin Makassar

##submission.authorWithAffiliation##

Fakultas Tarbiyah dan Keguruaan, UIN Alauddin Makassar

Referensi

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722–732.

Hidayat, S. (2002). Sistem pembelajaran di perguruan tinggi. AL-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 19(93), 109–132. https://doi.org/10.32678/alqalam.v19i93.457.

Indarwati, A. N. (2019). Perbandingan penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dengan strategi pembelajaran ekspositori (SPE) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII UPT SMPN 3 Mattirosompe kabupaten Pinrang. [Skripsi]. UIN Alauddin Makassar.

Jannah, R. (2017). Upaya meningkatkan keberhasilan pembelajaran pendidikan agama islam. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v1i1.1211.

Mariska. (2013). Pengaruh persepsi penggunaan e-learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar english foreign language pada mata kuliah IBT preparation di universitas X. [Skripsi]. Universitas Pelita Harapan.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110–117. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111.

Nemeth, J., & Long, J. G. (2012). Assessing learning outcomes in US planning studio courses. Journal of Planning Education and Research, 32(4), 476–490. https://doi.org/10.1177/0739456X12453740.

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using learning media to increase learning motivation in elementary school. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1244451.

Rusdiantho, K. S. G., & Elon, Y. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online fase pandemic covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2573–2585. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.899.

Sardiman, A. M. (2003). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Simons, J. (2020). Success of distance learning graduates and the role of intrinsic motivation. Open Learning: The Journal of Open,Distance and e-Learning, 35(3), 277–293. https://doi.org/10.1080/02680513.2019.1696183.

Singh, A. K., Srivastava, S., & Singh, D. (2015). Student engagement as the predictor of direct and indirect learning outcomes in the management education context. Metamorphosis, 14(2), 20–29. https://doi.org/10.1177/0972622520150204.

Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2007). Psikologi kognitif. Jakarta: Erlangga.

Sudaryono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Zamista, A. A., Rahmi, H., Sellyana, A., & Desriyati, W. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran dalam jaringan untuk mata kuliah kalkulus. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 41–48. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2214.

Diterbitkan
2022-06-26
Bagian
Vol. 10 No. 1
Abstrak viewed = 131 times