Prospek Game Edukasi Dalam Pembelajaran Biologi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi prospek penggunaan game edukasi dalam pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket berbasis skala Guttman dengan pilihan jawaban "Ya" dan "Tidak". Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 11 Pekanbaru, dengan jumlah sampel sebanyak 51 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game edukasi memiliki dampak positif terhadap pembelajaran biologi. Indikator pertama, intensitas penggunaan game edukasi, menunjukkan bahwa 50% responden memberikan jawaban positif (cukup). Indikator kedua, alasan penggunaan game edukasi, menghasilkan 75% jawaban positif (baik), yang mencakup kemudahan memahami materi, peningkatan minat, dan motivasi belajar. Indikator ketiga, keuntungan penggunaan game edukasi, menunjukkan 86% jawaban positif (sangat baik), meliputi komunikasi yang lebih baik antara guru dan siswa serta efisiensi pembelajaran. Secara keseluruhan, penggunaan game edukasi dalam pembelajaran biologi memperoleh rata-rata skor 70% dengan interpretasi "baik". Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis game edukasi dapat meningkatkan pemahaman konsep, motivasi, serta minat belajar siswa dalam suasana yang lebih menyenangkan dan interaktif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Cbis Journal, 3(2).
Adita, A., Kusuma, A. B., & Risnani, L. Y. (2018). Analisis Kebutuhan Game Edukasi Mipa. Jurnal Bioedukatika, 5(2), 86. Https://Doi.Org/10.26555/Bioedukatika.V5i2.7374
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45. Https://Doi.Org/10.25273/Florea.V6i1.4369
Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Swasta Salatiga. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1. Https://Doi.Org/10.24127/Bioedukasi.V9i1.1377
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference On Islamic Education And Social Sains (Aciedss 2019), 1(2).
Aziz, A. A., Nurfarida, R., Budiyanti, N., & Zakiah, Q. Y. (2020). Model Analisis Kebijakan Pendidikan. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(2), 192. Https://Doi.Org/10.32332/Tapis.V4i2.2575
Fatoni, A. (2020). Wawasan Pendidikan (Pendidikan Dan Pendidik). Mida (Jurnal Pendidikan Dasar Islam), 3(1).
Febrianto, I. P. N., Wahyuni, D. S., & Sugihartini. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Kelas Xi Mata Pelajaran Biologi Dengan Materi “Sistem Sirkulasi Pada Manusia Dan Sistem Pencernaan Makanan” Di Sma Negeri 2 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (Karmapati), 10(3).
Hamria Hamka, H. H. (2022). Game Edukasi Untuk Pembelajaran Ipa Smp Kelas Viii Berbasis Android. Jatisi (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 274–288. Https://Doi.Org/10.35957/Jatisi.V9i1.1491
Karlina, L., & Abidin, Z. (2022). Meta Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Biologi Berbasis Soal Hots (Higher Order Thinking Skill) Terhadap Literasi Sains Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 209–215.
Masdul, Muh. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 12(2).
Masykhur, M. A., & Risnani, L. Y. (2020). Pengembangan Dan Uji Kelayakan Game Edukasi Digitalsebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa Sma Kelas X Pada Materi Animalia. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(2), 90. Https://Doi.Org/10.24127/Bioedukasi.V11i2.3276
Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas Ix Smpn 1 Rao). 6(2).
Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Di Kelas Xi Sma. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. Https://Doi.Org/10.24815/Jpsi.V8i1.16062
Riduwan & Akdon. (2010). Rumus Dan Data Dalam Analisis Data Statistika. Alfabeta.
Roni, E., Supriawan, & Suparni. (2024). Hakikat Manusia Dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2).
Rusmiyati, F. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Rongkop. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 77–86. Https://Doi.Org/10.30738/.V5i1.931
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal On Education, 5(3), 6994–7003. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i3.1487
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. 2.
Syahidi, A. A., Supianto, A. A., Hirashima, T., & Tolle, H. (2021). Learning Models In Educational Game Interactions: A Review. 3, 24.
Urwani, A. N., Ramli, M., & Ariyanto, J. (2018). Analisis Keterampilan Komunikasi Pada Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 4(2), 181–190. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V4i2.21465
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal Of Education And Teaching, 2(2), 213. Https://Doi.Org/10.24014/Jete.V2i2.11707
Wulandari, S., Octaria, D., & Mulbasari, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Builder Berbasis Contextual Teaching And Learning. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 389. Https://Doi.Org/10.33603/Jnpm.V5i2.4628
Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1). Https://Doi.Org/10.24114/Jtikp.V5i1.12524
Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(1–3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6923
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##