THE EFFECTIVENESS OF MATHEMATICS LEARNING THROUGH THE APPLICATION OF OPEN ENDED APPROACH
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Open Ended SMA Negeri 3 Jeneponto yang ditinjau dari: (1) hasil belajar matematika siswa, (2) aktivitas belajar matematika siswa dan (3) respons siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pra-Eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII MIA 1 sebanyak 25 orang siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan RPP, serta lembar angket untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran melalui penerapan pendekatan Open Ended. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pendekatan Open Ended adalah 85,8 dengan standar deviasi 7,9. Dari data tersebut diperoleh bahwa 23 siswa (92%) telah mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal telah tercapai, (2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan Open Ended dimana nilai rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,76 dan umumnya berada pada kategori tinggi, (3) Rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa yaitu 88.0% dan mencapai kriteria aktif, (4) Angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pendekatan Open Ended positif yaitu 89,5%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Open Ended efektif diterapkan pada siswa SMA Negeri 3 Jeneponto.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aras, I. (2018). Pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika. Edukasia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 56-65. Retrieved from http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/edukasia/article/view/1005
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa MTs Iskandar Muda Batam. Phytagoras, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966
Bakhtiar, F. A., & Hidayati, Y. M. (2014). Implementasi strategi teams games tournament berbasis cartoons art pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar. Seminar Nasional Pendidikan Menuju Generasi Emas. 1-10. Retrieved from https://adoc.pub/implementasi-strategi-teams-games-tournament-berbasis-cartoo.html
Cidrayanti, L. P., Sumantri, M., & Ganesha, U. P. (2016). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di gugus III kabupaten Bangli. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7257
Fachrurazi. (2017). Pembelajaran matematika realistik di sekolah dasar pada materi FPB dan KPK dengan model penyajian paket makanan. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(2). https://doi.org/10.22373/jppm.v1i2.3425
Khusaimah, N. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan kontekstual-saintifik dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan kabupaten Gowa. Universitas Negeri Makassar. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/145228144.pdf
Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengaruh model pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik ditinjau dari motivasi belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593
Nabillah, T., & Abad, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Sesiomadika 2019, 2(10), 659–663.
Noviyana, H. (2018). Pengaruh model open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. JURNAL E-DuMath, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.26638/je.684.2064
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Nurjanah, Fitriani, & Nani. (2013). Penerapan pendekatan open-ended terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP melalui lesson study berbasis MGMP Jalancagak. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 9–15. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36111
Samaratungga, F. M., Manik, S. R. K., & Millennium, M. N. (2021). Penggunaan model pembelajaran open-ended terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 273–278. Retrieved from https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/63
Saputra, R., Asriati, N., & Syahrudin, H. (2015). Efektivitas penerapan open ended untuk meningkatkan hasil belajar siswa ekonomi kelas X SMA. Journal of Equatorial Education and Learning, 4(8). https://doi.org/dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i8.11171
Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh model pembelajaran open ended terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1250
Shoimin, A. (2018). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suarni, E. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing di SDN 05 kota Mukomuko. Indonesian J. Integr. Sci. Education (IJIS Edu), 1(1), 63–70. https://doi.org/dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1406
Taufik, M. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMAN 5 Mataram. Jurnal Agrisains, 5(1), 58-86. Retrieved from https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Agrisains/article/view/148
Wahyudi, I., & Sufyarma, M. (2019). The effect of open ended approaches and learning motivation in mathematical learning outcomes in class V. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 211-217. Retrieved from http://ijeds.ppj.unp.ac.id/index.php/IJEDS/article/view/195
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).