NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL-ARBA’IN AL-NAWAWIYAH KARYA IMAM NAWAWI
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab al-Arba’in al-Nawawiyah karya Imam Nawawi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab al-Arba’in al-Nawawiyah, (2) untuk mengetahui konsep implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab al-Arba’in al- Nawawiyah. Penelitian library research (kajian studi kepustakaan) ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya, yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, kemudian dianalisis dengan metode content analisis, analisis ini mengupas nilai-nilai pendidikan akhlak dari isi kitab al-Arba’in al-Nawawiyah. Untuk mendukung penelitian ini, penulis menggunakan sumber data utama yaitu kitab hadist al-Arba’in al-Nawawiyah karya Imam Nawawi. Data dianalisis menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan dalam kitab al-Arba’in al-Nawawiyah terkandung nilai-nilai pendidikan akhlak, secara garis besar terbagi menjadi dua bagian, yakni: akhlak kepada Allah Swt dan akhlak kepada makhluk. Pertama, Akhlak kepada Allah meliputi: ketauhidan, takwa, doa, malu, dan tawakal, kedua, Akhlak kepada makhluk meliputi: akhlak terhadap sesama manusia (berkata baik, dermawan, menahan amarah, menjaga kehormatan, nasihat, persaudaraan, penolong, pemaaf), akhlak terhadap diri sendiri (memelihara kebersihan dan keindahan dan zuhud), akhlak terhadap tetangga dan tamu, akhlak terhadap binatang. Beberapa nilai pendidikan tersebut dapat diimplementasikan di sekolah dan di dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan beberapa metode diantaranya metode mau’izah (nasihat), metode uswatuh hasanah (keteladanan), metode ta’wid (pembiasaan) dan metode targhib dan tarhib.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
‘Atthar, I. (2008). Syarah Al-Arbain An-Nawawiyah. Beirut: Dar Al-Basyair Al-Islamiyah.
‘Isa, A. Q. (2005). Hakekat tasawuf, Terj. Khairul Amru Harahap dkk. Jakarta: Qisthi Press.
Al-Hilali, S. S. bin ‘Ied. (2005). Syarah riadhush shalihin Terj. Bamuallim, Geis Abad. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Al-Misri, M. (2011). Ensiklopedia akhlak Muhammad saw., Terj. Abdul Amin dkk (Cet. II). Jakarta: Pena Pundi Akara.
Alim, M. (2006). Pendidikan agama Islam upaya pembentukan pemikiran dan kepribadian muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Anwar, R. (2010). Akhlak tasaswuf (Cet. X). Bandung: CV Pustaka Setia.
Ardani, M. (2005). Akhlak tasawuf “Nilai-nilai akhlak/budi pekerti dalam ibadah & tasawuf (Cet. II). Jakarta: CV Karya Mulia.
Dahlan, A. A. (1997). Ensklopedi hukum Islam. Jakarta: PT. Icthiar Baru Van Hoeve.
Hafidhuddin, D. (2008). Islam apllikatif. Jakarta: Gema Insan Press.
Hamka. (2017). Akhlakul karimah. Depok: Gema Insani.
Muhammad, F. (2016). Ikuti sunnahku agar rumah diterangi sunnah, Terj. Fedriand Hasmand. Jakarta: PT Mizan Publika.
Muhyiddin, I. (2007). Syarah hadis Arba’in. Solo: Pustaka Arofah.
Muin, F. (2011). Pendidikan karakter kontruksi teoritik dan praktik. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Munawar-Rachman, B. (2017). Pendidikan karakter pendidikan menghidupkan nilai untuk pesantren, madrasah dan sekolah (Cet. III). The Asia Foundation.
Musfah, J. (2003). Bahkan Tuhan pun bersyukur. Jakarta: Penerbit Hikmah.
Mutiara, T. (2013). Hadis Arba’in An-Nawawih. Yogyakarta: Mutiara Media.
Nawawi, I. (2017). Hadist Arbain “Pokok-pokok ajaran Islam”, Terj. Muhammad Rais (Cet. I). Cikumpa: Tim Fathan Prima Media.
Rahman, M. A. (1989). Hadis empat puluh (terjemah dan syarahnya). Kuala Lumpur: Dewan Pustaka Fajar.
Salamullah, M. A. (2008). Akhlak hubungan horizontal. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sarwono, S. W. (2000). Pengantar umum psikologi (Cet. VIII). Jakarta: Bulan Bintang.
Shihab, M. Q. (1998). Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Sucipno, E. (n.d.). Urgensi pendidikan akhlak membentuk karakter Islami (Diakses 3 Agustus 2020 ).
Sukring. (2013). Pendidikan dan peserta didik dalam pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).