Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik

  • Muh. Sabar Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Khalisah Latuconsina Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Dian Angriani Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suharti Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Badaruddin Amin Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: pemahaman konsep matematika; problem based learning

Abstrak

Peningkatan pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model yang dapat mengembangkan pemahaman konsep matematika melalui pemecahan masalah nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung kabupaten Gowa yang berjumlah 347 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika peserta didik berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2012). Model dan metode pembelajaran di sekolah. In UNISSULA Press. UNISSULA PRESS. https://doi.org/005

Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh model problem based learning (PBL) berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Euclid, 7(1), 12. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2532

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Anhar, B. (2018). Model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran pai dan budi pekerti. Jurnal Pembelajaran PAI, 1–14.

Asih, E. S. B., Sutiarso, S., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(2), 146–157.

Berenji, S., Saeidi, M., & Ghafoori, N. (2020). Problem-based learning and its impact on efl learn-ers’ engagement and reading comprehension 150-problem-based learning and its impact on efl learn-ers’ engagement and reading comprehension. Journal of Language Horizons, 4(1), 149. https://doi.org/10.22051/lghor.2020.29172.1218

Chavarría, D. S., & Palacios, A. J. (2021). Problem-based learning approach to review the principles of green chemistry applied to a polycondensation reaction. Science Education International, 32(2), 107–113. https://doi.org/10.33828/sei.v32.i2.3

Coffin, P. (2013). Identifying needs to develop a PBL staff development program. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 1(1), 194–209. https://journals.aau.dk/index.php/pbl/article/view/282/209

Dalim, Rosita, C. D., & Dewi, I. L. K. (2019). Pembelajaran model problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 166–173.

Hidayati, S., Susilawati, S., & Harjono, A. (2021). Validity and practicality of problem based learning (pbl) model learning tools to improve students’ conceptual understanding. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 9(1), 82. https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i1.3966

Khoirotunnisa, & Nalim. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Prosiding Santika: Seminar Nasional Tadir Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 168–179. https://www.simantek.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/download/335/312

Natsir, I., & Taufik, A. R. (2020). Penerapan model pembelajaran group investigation dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp33-38

Nofiardi, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap motivasi belajar matematika. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 1(1), 27–35.

Ritonga, M. W. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 10–15.

Satriani, S., & Fahmia, S. (2019). Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model kooperatif tipe group investigation (GI) pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Sidrap. Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 35–45. https://doi.org/10.51517/nd.v4i1.102

Silalahi, R. A., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Journal on Education, 5(4), 14264–14275.

Simanjuntak, R. F., Tambunan, L. O., & Sauduran, G. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 2 Tapian Dolok. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 6802–6810.

Ssemugenyi, F. (2023). Teaching and learning methods compared: A pedagogical evaluation of problem-based learning (PBL) and lecture methods in developing learners’ cognitive abilities. Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186x.2023.2187943

Ural, E., & Dadli, G. (2020). The effect of problem-based learning on 7th-grade students’ environmental knowledge, attitudes, and reflective thinking skills in environmental education. Journal of Education in Science, Environment and Health. https://doi.org/10.21891/jeseh.705145

Warniasih, K., & Nuryani, C. E. (2018). Efektivitas model problem based learning ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 92–97. https://doi.org/10.26877/aks.v9i2.2911

Yanti, R. A., Asnawati, R., & Wijaya, A. P. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(4), 464–476.

Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-based learning: an overview of its process and impact on learning. Health Professions Education, 2(2), 75–79. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Diterbitkan
2023-05-31
Bagian
Vol. 5 No. 1
Abstrak viewed = 392 times