Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Mufrada<t di Madrasah Tsanawiyah NW Mercapada
Abstrak
Penelitian ini mencoba untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas IX A di MTs NW Mercapada. Pembelajaran berdiferensiasi sendiri merupakan pembelajaran yang berbasis kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan penguasaan mufradat siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana peneliti terlibat langsung dalam proses. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif pada penelitian kualitatif berupa proses menganalisis, menggambarkan, dan meringkas kejadian atau fenomena. Hasil daripada penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi ini efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas IX A MTs NW Mercapada, serta menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan bervariasi sesuai dengan minat siswa.
Referensi
Andajani, Kudubakti, ‘Modul Pembelajaran Berdiferensiasi’, Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2 (2022)
Andari, Eni, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS)’, Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1.2 (2022) <https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694>
Dakir, Perencaaan dan Pengembangan Kurikulum (Yogyakarta: Rineka Cipta, 2004)
Hafidzoh Rahman, Nafsiah, Annisa Mayasari, Opan Arifudin, dan Indah Wahyu Ningsih, ‘Pengaruh Media Flashcard dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab’, Jurnal Tahsinia, 2.2 (2021), h. 99–106 <https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296>
Hamalik, Oemar, Pembinaan Pengembangan Kurikulum (Bandung: Pustaka Martina, 1987)
Hijriyah, Umi, Analisis Pembelajarn Mufrodat dan Struktur Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah (Surabaya: CV. Gemilang, 2018)
Kristiani, Heny dkk, Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Diferentiated Instruction) (Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia)
Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi Pendidikan (Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1986)
Munthe, Ashiong P, ‘Pada Pelajaran Membaca Permulaan’, Jdp, 11.3 (2018), h. 210–28
Ramdhan, Muhammad, Metode Penelitian (Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021)
Salassa, Alin, Risna Rombe, dan Jenri Fani Parinding, ‘Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen’, Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1.6 (2023), h. 541–54
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan KTSP (Jakarta: Kencana, 2010)
Sholihah, Sholihah, ‘Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Mufrodat’, Tarling : Journal of Language Education, 1.1 (2018), h. 62–76 <https://doi.org/10.24090/tarling.v1i1.1122>
Subandiyah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum (Jakarta: Grafindo Persada, 1993)
Zubaidillah, Muh. Haris, and Hasan Hasan, ‘Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab’, Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2.1 (2019), 41 <https://doi.org/10.35931/am.v2i1.90>