Studi Model Dakwah Terhadap Siaran “Asyiknya Berislam” Di Celebes Tv

  • Habibi Habibi IAIN Pare-pare
    (ID)

Abstrak

Penelitian yang mencoba menjabarkan tentang model dakwah yang digunakan dalam siaran televisi lokal dengan menjadikan jama’ah majelis taklim sebagai objek dakwah. Penelitian ini akan menelaah model dakwah lewat media dan bagaimana pandangan jama’ah majelis taklim tentang dakwah yang ditayangkan lewat media tersebut. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif
dengan metode pendekatan komunikasi dan dakwah. Hasil penelitian menyimpulkan ada 5 segmen yang dimulai dengan pembukaan dengan lantunan ayat suci Al-Quran atau Shalawat nabi dan dilanjutkan dengan muqaddimah oleh dai. Segmen kedua dan ketiga merupakan segmen mengenai materi dakwah. Untuk segmen keempat adalah segmen interaktif Tanya-jawab anatara dai dan
peserta majelis taklim. Segmen kelima berupa penutup yaitu kesimpulan dan do’a. Adapun tantangan yang harus dihadapi siaran dakwah ini adalah permasalahan budgeting (dana), manajemen waktu, dan kapabilitas dai. Tentunya ketiga hal tersebut merupakan tantangan yang harus di lalui. Selain tantangan, muncul juga peluang yang dapat diraih untuk keberhasilan dakwah, seperti kedekatan
emosionl antara dai dan jama’ah, materi yang diangkat cenderung pada pembentukan karakter hidup manusia, kenapa manusia hidup dan untuk apa manusia diciptakan, kemasan dakwah yang menarik dan kemampuan menyeleksi dai yang berkompeten setidaknya akan memberikan ruang yang luas untuk mengembangkan dakwah melalui media kontemporer saat ini..

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A. Ilyas Ismail, Pria Hotman. Filsafat Dakwah,

Rekayasa Membangun Agama Dan

Peradaban Islam. Jakarta: Kencana,

Asep Saeful Muhtadi dan Agus Ahmad Safei.

Metode Penelitian Dakwah. Cet I.

Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Asmar, Metri Novarinda. Motivasi, Pola, Dan

Kepuasan Menonton Televisi Lokal Serta

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.

Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor,

Azis ibn Farhan al-‘Anzi dan Taqdim Shalih ibn

‘Abdul ‘Azis. Al-Basirah Fi Al-Da’wah Ila

Allah. Abu Dhabi: Dar Imam Malik, 2005.

Morissan. Jurnalistik Televisi Mutakhir.

Jakarta: Kencana, 2008.

Muda, Deddy Iskandar. Jurnalistik Televisi

Menjadi Reporter Profesional. Cet II.

Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Mulyadi. Komunikasi Islam. Makassar:

Alauddin University Press, 2012.

Omar, Toha Yahya. Ilmu Dakwah. Jakarta:

Wijaya, 1985.

Sadily, M.Echols dan Hassan. Kamus Inggris

Indonesia. Jakarta: Gramedia, 1982.

Sukarna, Uma. Metode Analisis Data. Jakarta:

Kencana, 2007.

Tike, Arifuddin. Etika Komunikasi ”Suatu

Kajian Kritis Berdasarkan Al-Quran”.

Makassar: Alauddin University Press,

Diterbitkan
2020-10-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 92 times