Pengaruh Kompetensi dan Popularitas Dai terhadap Minat Mahasiswa IAIN Bone dalam Mengikuti Kegiatan Dakwah
Abstrak
Seorang dai memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan kegiatan dakwah. Seorang dai merupakan figur yang diteladani oleh mad’u dalam segala aspek tingkah laku maupun geraknya. Pada pelaksanaan kegiatan dakwah, dai dan mad’u adalah unsur dakwah yang harus ada dan merupakan dua hal yang tidak terpisahkan, kedua-duanya memiliki keterkaitan satu sama lain.
Penelitian ini membahas tentang pengaruh kompetensi dan popularitas dai terhadap minat mahasiswa IAIN Bone dalam mengikuti kegiatan dakwah, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kompetensi dai (X1) dan popularitas dai (X2), secara parsial dan simultan terhadap minat mahasiswa IAIN Bone dalam mengikuti kegiatan dakwah (Y). Jenis penelitian ini termasuk penelitian
kuantitatif (survei) dengan pendekatan secara metodologis (positivistik-kuantitatif) dan keilmuan (dakwah dan komunikasi). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa IAIN Bone, khususnya di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, angkatan 2018 dan 2019, sebanyak 293 orang dengan sampel 169 orang menggunakan teknik simple random sampling.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arifin, Anwar. Dakwah Kontemporer : Sebuah
Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha
Ilmu, 2011.
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jus IV. Jakarta:
Pustaka Panjimas, 1981.
Nawawi. “Kompetensi Juru Dakwah.”
Komunika VOL 3 NO 2, no. Jurnal
Dakwah dan Komunikasi (2009).
https://doi.org/10.24090/KOMUNIKA.V3
I2.131.
Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi.
Edited by Tjun Surjaman. Bandung:
Remaja Rosdakarya, 1949.
Said, Nurhidayat Muhammad. Nurhidayat
Muhammad Said, Dakwah Dan Efek
Globalisasi Informasi. Cet I. Makassar:
Alauddin University Press, 2011.
Simanjuntak dan Pasaribu IL. Proses Belajar
Mengajar. Bandung: Tarsito, 1983.
Sudarmanto. Kinerja Dan Pengembangan
Kompetensi Sdm ; Teori, Dimensi
Pengukuran, Dan Implementasi Dalam
Organisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,