Perbandingan Model Dakwah di Facebook; Wahdah Islamiyah dan S. Ahmad Fadl Al-mahdaly
Abstrak
Tulisan ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan membandingkan aktivitas dakwah yang dilakukan oleh Wahdah Islamiyah Mamuju dan S. Ahmad Fadl Al Mahdaly. Sumber yang digunakan adalah pengamatan langsung terhadap akun keduanya. Serta menilai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Opsi menjadikan Facebook sebagai media dakwah sangatlah penting. Sebab kehadiran media digital dengan spesifikasi yang konvergen dan cair menjadi lahan subur untuk perkembangan posttruth. Masyarakat dibanjiri dengan opini publik yang dipengaruhi emosi dan keyakinan pribadi, informasi yang sesat dan penyimpangan fakta dengan mudah meresap ketika hal itu sesuai dengan perasaan dan pemikiran kita, sementara kebenaran objektif faktual menjadi terpinggirkan. Berita yang tidak benar (hoax) dan berita palsu (fakenews) mengemas kebohongan, fitnah, dusta dan menjadi sangat cepat tersebar dengan memanfaatkan buzzer (pendengung) dari tokoh-tokoh masyarakat, artis atau orang-orang yang memiliki pemikiran dan keyakinan yang sepaham.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Editha Soebagio. “Kebenaran Dalam Media
Sosial.” Journal of Chemical
Information and Modeling 53, no. 9
(2013): 127–41.
Muhammad, Wildan Imaduddin.
“Facebook Sebagai Media Baru Tafsir
Al-Qur’an Di Indonesia.” MAGHZA:
Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 2,
no. 2 (2018): 69–80.
https://doi.org/10.24090/maghza.v2
i2.1570.
Setiansah, Mite. “Smartphonisasi Agama:
Transformasi Perilaku Beragama
Perempuan Urban Di Era Digital.”
Jurnal Komunikasi 10, no. 1 (2015):
–10.
https://doi.org/10.20885/komunika
si.vol10.iss1.art1.
Syarifuddin, Achmad. “Facebook Sebagai
Media Dakwah Islam.” Wardah 15,
no. 1 (2014): 67–77.
Wahyuni, Dwi. “Agama Sebagai Media Dan
Media Sebagai Agama.” Jurnal Ilmu
Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran,
Dan Fenomena Agama 18, no. 2
(2017): 83–91.
https://doi.org/10.19109/jia.v18i2.2
Zulfikar Ghazali. “Pemanfaatan Media
Sosial Facebook Sebagai Media
Dakwah Dalam Masyarakat Virtual.”
Al-Muttaqin IV (2017): 89–90.
Wibowo, Adi. 2019. “Penggunaan Media
Sosial Sebagai Trend Media Dakwah
Pendidikan Islam di Era Digital”.
Sekolah Tinggi Agama Islam An-
Nawawi Purworejo
Wulandari, Septina. 2018. “Facebook
Sebagai Media Dakwah”. Dakwah
dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-banda
Aceh.
Muhlis. Usman Jasad dan Abdul Khalik .
” Fenomena Facebook sebagai
media komunikasi baru, Jurbal
Diskursus Islam.
Anzilatul Qadiriyah, Efektofitas Facebook
sebagai Media Dakwah, Dakwah
Insitut Agama Islam Negeri Salatiga