Representasi Pesan Politik Generasi Milenial dalam Program E-Talk Show TV One
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna denotasi, konotasi dan mitos pada teks dan gambar dan mengetahui representasi pesan politik generasi milenial dalam program E-Talk Show episode “Melek Politik: Milenial Zaman Now” di TV One. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan model semiotika Roland Barthes. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan penelusuran informasi dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna pesan yang disampaikan dalam program ini adalah milenial memiliki semangat yang tinggi untuk mendapatkan keadilan, pengakuan, dan identitas di masyarakat. Kedua, indeks demokrasi menurun karena kritik masyarakat dominan diabaikan. Ketiga,
demonstrasi mahasiswa merupakan kegiatan yang terjadi setiap tahun. Keempat, kekuasaan identik dengan politik. Kelima, seseorang yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga politik (political family) cenderung akan menjadi orang yang berprofesi di bidang politik. Sedangkan representasi pesan politik generasi milenial dalam program ini tidak lepas dari sebuah ideologi dominan yaitu kekuatan media
sebagai salah satu faktor pembentuk kesadaran masyarakat yang direpresentasikan melalui Sherly Annavita dan Hillary Brigitta selaku generasi milenial dan narasumber dalam episode tersebut.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, Hasanuddin dan Lilik Purwandi. 2017.
Millennial Nusantara : Pahami
Karakternya, Rebut Simpatinya.
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama
Christomy, T dan Untung Yuwono. 2004.
Semiotika Budaya. Depok: Direktorat
Riset dan Pengabdian Masyarakat UI.
E- Talk Show TV
One,https://www.sarungbhs.co.id/p
ost/event/etalkshow-with-bhs-di-Tv
One-one, Juni 2020.
Garnesia, Irma dan Maulida Sri Handayani,
"Sana-sini Ngaku Milenial,
Bagaimana Peta Milenial
Indonesia?”, Tirto.id. 12 September
Juditha, Christy dan Josep Darmawan,
Penggunaan Media Digital dan
Partisipasi Politik Generasi Milenial,
Jurnal Penelitian Komunikasi dan
Opini Publik Vol.22 No.2, Universitas
Atma Jaya Yogyakarta.
Petikan Program Acara “E- Talk Show”
Tentang Melek Politik: Milenial
Zaman Now, TV One.
https://www.youtube.com/watch?v
=Ou46jzP5l3A&t=162s
Petikan Berita Kompas TV ONE, Generasi
Millenial Mulai Melek Politik?,
https://www. kompas.Tv
One/article/30934/generasimilenial-
mulai-melek-politik (11
Oktober 2019).
Shahreza, Mirza, 2017. Komunikator Politik
Berdasarkan Teori Generasi, Jurnal of
Communication (Nyimak), Vol.1,
No.1 Universitas Muhammadiyah
Tangerang.