Representasi Pesan Politik Generasi Milenial dalam Program E-Talk Show TV One

  • Nur Wasilah Dakwah dan Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Rahmawati Latief Dakwah dan Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Harmin Hatta Dakwah dan Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna denotasi, konotasi dan mitos pada teks dan gambar dan mengetahui representasi pesan politik generasi milenial dalam program E-Talk Show episode “Melek Politik: Milenial Zaman Now” di TV One. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan model semiotika Roland Barthes. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan penelusuran informasi dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna pesan yang disampaikan dalam program ini adalah milenial memiliki semangat yang tinggi untuk mendapatkan keadilan, pengakuan, dan identitas di masyarakat. Kedua, indeks demokrasi menurun karena kritik masyarakat dominan diabaikan. Ketiga,
demonstrasi mahasiswa merupakan kegiatan yang terjadi setiap tahun. Keempat, kekuasaan identik dengan politik. Kelima, seseorang yang dibesarkan dalam lingkungan keluarga politik (political family) cenderung akan menjadi orang yang berprofesi di bidang politik. Sedangkan representasi pesan politik generasi milenial dalam program ini tidak lepas dari sebuah ideologi dominan yaitu kekuatan media
sebagai salah satu faktor pembentuk kesadaran masyarakat yang direpresentasikan melalui Sherly Annavita dan Hillary Brigitta selaku generasi milenial dan narasumber dalam episode tersebut.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ali, Hasanuddin dan Lilik Purwandi. 2017.

Millennial Nusantara : Pahami

Karakternya, Rebut Simpatinya.

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama

Christomy, T dan Untung Yuwono. 2004.

Semiotika Budaya. Depok: Direktorat

Riset dan Pengabdian Masyarakat UI.

E- Talk Show TV

One,https://www.sarungbhs.co.id/p

ost/event/etalkshow-with-bhs-di-Tv

One-one, Juni 2020.

Garnesia, Irma dan Maulida Sri Handayani,

"Sana-sini Ngaku Milenial,

Bagaimana Peta Milenial

Indonesia?”, Tirto.id. 12 September

https://tirto.id/cX5W

Juditha, Christy dan Josep Darmawan,

Penggunaan Media Digital dan

Partisipasi Politik Generasi Milenial,

Jurnal Penelitian Komunikasi dan

Opini Publik Vol.22 No.2, Universitas

Atma Jaya Yogyakarta.

Petikan Program Acara “E- Talk Show”

Tentang Melek Politik: Milenial

Zaman Now, TV One.

https://www.youtube.com/watch?v

=Ou46jzP5l3A&t=162s

Petikan Berita Kompas TV ONE, Generasi

Millenial Mulai Melek Politik?,

https://www. kompas.Tv

One/article/30934/generasimilenial-

mulai-melek-politik (11

Oktober 2019).

Shahreza, Mirza, 2017. Komunikator Politik

Berdasarkan Teori Generasi, Jurnal of

Communication (Nyimak), Vol.1,

No.1 Universitas Muhammadiyah

Tangerang.

Diterbitkan
2021-04-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 196 times