Kualitas Pelayanan Komunikasi Perpustakaan di Dinas Perpustakaan Provinsi Sulawesi Selatan
Abstrak
Penelitian ini membahas mengenai Profesionalitas Kerja Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas. Pelayanan Komunikasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provisi Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagimana profesionalitas kerja pustakawan, kualitas pelayanan,serta bagaimana upaya peningkatan kualitas pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan observasi, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi waktu yang dilakukan dengan pengecekan observasi dan wawancara dalam waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan 1) Pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan didominasi oleh pustakawan yang berlatarbelakang pendidikan Ilmu Perpustakaan dan profesionalitas kerja pustakawan sudah ditunjukan dengan mampu melakukan tugas dan pekerjaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), memberikan sikap ramah kepada setiap pemustaka yang masuk ke perpustakaan, mampu mengarahkan pemustaka dalam hal menemukan koleksi yang dibutuhkan serta mampu membimbing pemustaka dalam penggunaan sarana dan prasarana yang ada. 2) Pelayanan yang diberikan pustakawan belum berkualitas dikarenakan masih minimnya edukasi penggunaan OPAC kepada pemustaka, dan masih terdapat beberapa orang pustakawan yang tidak ramah dalam memberikan pelayanan. 3) Peningkatan kualitas pelayanan senantiasa dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan dengan rutin melakukan berbagai kegiatan seperti, Roadshow, Bimbingan Teknis Pelayanan Prima, Diklat Kepribadian, dan pelatihan yang berkaitan dengan pelayanan perpustakaan.