IMPLEMENTASI MANAJEMEN BUDAYA SEKOLAH DI SMAN KHUSUS KEBERBAKATAN OLAHRAGA SULAWESI SELATAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor pendukung penghambat budaya sekolah di SMAN Khusus Keberbakatan Olahraga Sulawesi Selatan (SMANKO) Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh langsung dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan tenaga pendidik. Data dikumpulkan dengan tiga cara, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian di SMANKO menunjukkan bahwa: 1) perencanaan budaya sekolah dilakukan dengan: menetapkan tujuan sekolah sesuai visi, misi dan tujuan sekolah, menyusun program pengembangan budaya sekolah, mengidentifikasi faktor penunjang dan penghambat budaya sekolah, dan menentukan strategi yang akan digunakan dalam mengimplementasikan budaya sekolah; 2) pelaksanaan budaya sekolah terlihat melalui: komitmen terhadap pelaksanaan budaya sekolah, pemberian keteladanan terhadap peserta didik dalam pelaksanaan budaya sekolah, dan usaha dalam mengintegrasikan budaya sekolah pada proses pembelajaran; 3) evaluasi budaya sekolah dilakukan melalui pemantauan langsung secara personal maupun melalui delegasi terhadap kegiatan-kegiatan peserta didik di lingkungan sekolah; 4) faktor pendukung pelaksanaan budaya sekolah, yaitu pemantauan budaya sekolah dilakukan oleh guru, keterlibatan seluruh elemen demi keberhasilan pelaksanaan budaya sekolah, fasilitas sekolah yang mendukung dan pembelajaran yang mengintegrasikan budaya sekolah. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan budaya sekolah, yaitu kurangnya kesadaran peserta didik terhadap kedisiplinan. Oleh karena itu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi budaya sekolah yang efektif membutuhkan komitmen, keterlibatan semua elemen, serta dukungan fasilitas, dan kesadaran peserta didik untuk menerapkannya.
Referensi
Alwi, B. M. (2014). Pendidikan Karakter. Makassar: Alauddin University Press.
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Darma, H. (2018). Manajemen Peseta Didik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.37755/jsap.v6i2.35
Effendy, M. (2016). Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.
Fitriani, S. (2019). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 229. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011
Hasnadi, H. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(2), 56–70. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.562
Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan: Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). United States, America: SAGE Publications, Inc.
Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Najib, M., Wiyani, N. A., & Solichin. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Gava Media.
Neprializa. (2015). Manajemen Budaya Sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3), 419–429. https://doi.org/10.33369/mapen.v9i3.1139
Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Educational Journal, 1(1), 55–67. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1883
Ridho, M. A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 114–129. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenadamedia Group.
Velasufah, W., & Setiawan, A. R. (2020). Nilai Pesantren sebagai Dasar Pendidikan Karakter. Pelantan, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.35542/osf.io/j9vtp
Wibowo, A. (2014). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).